Promosi dan Pemasaran yang Beretika

Promosi dan Pemasaran yang Beretika

Strategi-strategi Promosi Promosi, salah satu elemen bauran pemasaran dasar, ialah komunikasi yang menjamin pengertian antara sebuah perusahaan dan publik-publiknya untuk menimbulkan tindakan pembelian yang diharapkan dan mencapai suatu kepercayaan tahan lama terhadap perusahaan itu dan produk atau jasa yang disediakannya. Karena promosi mempengaruhi maupun dipengaruhi oleh variabel-variabel bauran pemasaran lain, adalah mungkin merumuskan sembilan strategi yang berbeda dengan menggabungkan tiga alternatif (1) memasarkan produk fisik yang sama di mana-mana, (2) menyesuaikan produk fisik untuk pasar-pasar di luar negeri, dan (3) mendesain suatu produk fisik yang berbeda dengan pesan-pesan yang (a) sama (b) disesuaikan, atau (c) berbeda. Dibawah ini adalah enam strategi yang paling umum digunakan: a. Produk sama-pesan sama. Ketika para pemasar menemukan pasar-pasar sasaran sedikit berbeda mengenai produk yang digunakan dan sikap konsumen, mereka dapat memasarkan produk yang sama dan menggunakan imbauan promosi yang sama di semua pasar. b. Produk sama-pesan berbeda. Produk yang sama bisa memuaskan kebutuhan yang berbeda atau digunakan secara berbeda di tempat lain. Ini berarti produk itu mungkin dibiarkan tidak berubah tetapi suatu pesan yang berbeda digunakan. c. Adaptasi produk-pesan sama. Dalam hal di mana produk itu melayani fungsi yang sama tetapi harus disesuaikan dengan kondisi yang berbeda, pesan yang sama digunakan untuk produk yang diubah. d. Adaptasi produk-adaptasi pesan. Dalam beberapa kasus, baik produk maupun pesan promosi harus dimodifikasi untuk pasar-pasar di luar negeri. Di Amerika Latin, Tang dibuat manis, pra-campur dan siap diminum secara khusus di dalam kantong-kantong. e. Produk berbeda-pesan sama. Seperti kita kemukakan dalam pembahasan kita mengenai pengaruh kekuatan-kekuatan ekonomi atas strategi-strategi produk, para pelanggan potensial di banyak pasar tidak dapat menjangkau produk seperti yang dipabrikasi di negara asal perusahaan itu. Produk tersebut mungkin juga terlalu maju secara teknologi untuk memperoleh penerimaan yang luas. Untuk mengatasi hambatan ini, banyak perusahaan sering kali telah memproduksi produk yang sangat berbeda untuk pasar-pasar ini. f. Produk berbeda untuk pemakaian yang sama- pesan berbeda. Acap kali produk yang berbeda memerlukan pesan yang berbeda pula. Obor-obor las, bukannya mesin las otomatis akan dijual berdasarkan biaya akuisisi ketimbang keluaran tinggi per jam buruh.   Alat-alat untuk mengkomunikasikan pesan-pesan ini – bauran promosi adalah periklanan, penjualan tatap muka, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas. Persis seperti dalam penentuan strategi-strategi produk, komposisi bauran promosi itu akan bergantung pada jenis produk, kekuatan-kekuatan lingkungan, dan jumlah penestrasi pasar yang diinginkan.   Periklanan. Dari semua unsur bauran promosi periklanan adalah salah satu yang memiliki persamaan paling besar di seluruh dunia. Ini disebabkan agen-agen periklanan telah mengikuti strategi ekspansi internasional yang sama yang diikuti oleh banyak pemasar produk-produk tanwujud (intangible) yang ingin bergerak dengan cepat ke dalam pasar-pasar luar negeri; mereka telah membeli perusahaan-perusahaan internasional dengan operasi multinasional.

Nama : Kartika Puji Astuti
NPM  : 10209466

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s